Sunday, June 19, 2011

Something Better

Saya percaya saat saya kehilangan sesuatu, Tuhan selalu menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik, bahkan sering menggantinya dengan yang jauh lebih baik. Banyak sekali kehilangan yang saya rasakan telah diganti oleh-Nya dengan yang jauh lebih baik. Saya akan menceritakan beberapa diantaranya.

Tahun 2009, saya mendapat beasiswa, pergi ke Korea untuk mengikuti summer camp. Saya stay di sana selama 2 minggu. Dan 3 hari sebelum pulang ke Indonesia, saya kehilangan dompet saya. Saat itu semua uang saya ada di dalam dompet saya dan uang yang hilang juga tidak sedikit, karena saya berencana untuk membeli kamus elektronik yang harganya cukup mahal. Jadi setelah dompet saya hilang, saya tidak punya uang sama sekali. Untungnya banyak teman-teman saya yang membantu saya saat itu.

Saya sangat sedih saat itu dan menyesali kenapa saya sangat ceroboh. Tetapi saya berusaha mengikhlaskan semuanya sambil mengingat-ingat ibu saya yang selalu berkata bahwa semuanya nanti akan diganti dengan yang lebih baik jika kita mengikhlaskannya. Dan benar saja, tidak lama setelah pulang dari Korea, saya mendapatkan beasiswa lagi ke Korea selama 2 semester. Semua biaya ditanggung, dari biaya akomodasi, biaya kuliah di sana yang terbilang mahal, sampai biaya hidup. Dari situ saya menjadi lebih yakin bahwa Tuhan selalu mengganti kehilangan saya dengan sesuatu yang lebih baik.

Tahun lalu, saat saya sedang belajar di Korea, saya pulang ke Indonesia waktu summer vacation untuk bertemu dengan pacar saya (sekarang sudah jadi mantan). Saya sangat senang waktu itu, saya juga tidak menyesali sesuatu yang sudah saya pilih.

Tapi saya menyadari sesuatu, saya kehilangan 40 hari saya di sana. Banyak kehilangan yang saya rasakan selama saya tidak di sana. Salah satunya adalah seharusnya saya bisa ikut summer internship di perusahaan Korea, yang mana hal itu bisa jadi pengalaman berharga untuk saya saat saya kembali ke Indonesia nanti.

Di sini lagi-lagi Tuhan mengganti kehilangan saya dengan sesuatu yang jauh lebih baik. Beberapa minggu yang lalu saya diterima di sebuah perusahaan Korea sebagai penerjemah, dan saya akan dikirim ke Korea lagi selama 2 setengah bulan untuk mendampingi pegawai-pegawai kantor saya yang akan training di sana.

Ya, 40 hari kehilangan saya diganti dengan lebih dari 70 hari pengganti. Bahkan lebih baik dari suatu "penggantian". Dan ini bukan hanya internship melainkan pekerjaan sebenarnya. Saya bahkan belum lulus kuliah. Hal yang mungkin bisa dibilang jarang di saat orang-orang lain susah mencari pekerjaan.

Dan sekarang saya lebih yakin lagi dari sebelumnya bahwa Tuhan selalu mengganti kehilangan saya dengan sesuatu yang jauh lebih baik. Percaya.


12.38
Depok, 19 Juni 2011

No comments:

Post a Comment